Others

Drama Korea: Dong Yi Jewel In The Crown

Drama Kolosal Korea yang berjudul Dongyi Jewel in the Crown ini adalah salah satu drama favoritku. Aku sangat suka dengan alur ceritanya. Tidak hanya mengedepankan cerita romance saja, menurutku drama ini memiliki alur cerita mengenai politik kerajaan yang sangat menarik dan greget. Karena sukanya dengan drama ini aku pun ketagihan mencoba untuk menonton beberapa drama kolosal lainnya. Ada beberapa drama lainnya yang juga aku suka dan ceritanya bagus tetapi sampai saat ini menurutku Dongyi adalah yang paling menarik untuk alur cerita politik kerajaan yang paling mengena dan greget.

Drama ini sudah cukup lama. Pertama kali menonton waktu jaman kuliah S1. Serial Drama ini ditayangkan di indosiar sore hari. sudah hampir 11 tahun lalu sejak drama ini tayang tetapi masih berulang kali kuputar. Tak ingin lupa dengan alur ceritanya.  Drama ini tayang di korea pada maret 2010. Entah cukup populer atau tidak di korea namun beberapa temanku yang suka dengan drama korea (pecinta drama korea) tidak begitu familiar dengan judul drama ini. Namun ketika melakukan pencarian di google rating drama ini cukup baik yaitu mencapai rating 4.9 dari 5.

Cast Drama:

Drama ini menceritakan tentang kisah seorang anak keturunan rendahan bernama dongyi yang diperankan oleh Han Hyo-joo. Ayah Dongyi adalah seorang ahli forensik mayat yang sering membantu di istana dalam mengidentifikasi mayat. Kemudian kakak kandungnya adalah seorang pemain musik istana. Dongyi tinggal bersama ayahnya Choi Hyo won, kakak kandungnya Choi Dong joo dan kakak (yang bukan sedarah) bernama Cha Jeon-soo. Ayah Dongyi membentuk dan merupakan ketua dari kelompok masyarakat pendekar pedang (Geumgae). Kelompok ini memiliki misi yang baik yaitu membantu rakyat jelata dan membebaskan para budak. Suatu ketika terjadi konspirasi politik yang dilakukan oleh fraksi selatan dari istana. Berawal dari dibunuhnya para bangsawan fraksi selatan yang membuat kelompok pendekar pedang tertuduh mengincar dan melakukan pembunuhan berencana para bangsawan fraksi selatan. Tertuduhnya pendekar pedang dalam pembunuhan para bangsawan menjadi awal cerita Dongyi kehilangan ayahnya dan kakak kandungnya, juga membuat dirinya terpisah dengan kakaknya Cha Jeon soo (yang tidak memiliki hubungan saudara – dalam cerita Dongyi kecil ingin menikah dengannya setelah dewasa :D). Setelah keluarganya tewas, Dongyi menjadi buronan istana karena dianggap sebagai anak dari seorang kriminal. Dongyi berusaha untuk kabur dan hidup sesuai dengan janjinya kepada keluarganya. Dibantu seorang gisaeng yang merupakan teman kakaknya Choi dong joo, Dongyi kecil menjadi budak biro musik istana. Karena Dongyi berpikir bahwa tidak mungkin petugas dari biro kepolisian menemukannya jika ia berada didalam istana.

Dongyi kecil tumbuh dewasa menjadi budak di biro musik istana. Diam-diam ia mencari petunjuk untuk mengungkap kasus pendekar pedang yang difitnah akibat konspirasi politik. Iya ingin mengembalikan nama baik ayah dan kakaknya  dan kelompok pendekar pedang yang tewas secara tidak adil. Petunjuk yang iya miliki satu-satunya ialah kode gerakan tangan yang ia ketahui ketika menemukan sesorang bangsawan yang sudah hampir mati ditepi sungai. Bangsawan itu memberikan kode kepadanya lalu dilain waktu ia menemukan seorang gadis yang memiliki kode gerakan tangan yang sama ketika bersama seseorang. Saat itu Dongyi secara tidak sengaja menemukan aksesoris kupu-kupu milik gadis itu yg terjatuh. Ketika melihat Dongyi yang memegang aksesorisnya dan ingin mengembalikan kepadanya, gadis itu membantu Dongyi agar tidak terlihat oleh para pengawal istana. Setelah kejadian itu, Dongyi bertekad menemukan gadis itu di istana. Ia yakin bahwa kode itu ada hubungannya dengan pembunuhan para bangsawan.

Selama di istana Dongyi sangat gigih dalam bekerja iya juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Tak sengaja ketika sedang mencari gadis itu di istana iya terlibat suatu masalah yang disebabkan oleh fraksi barat (fraksi ratu inhyeon) yang ingin menjatuhkan selir fraksi selatan Jang Hee bin. Karena jiwa penasaran dan keadilannya Dongyi akhirnya mengungkap konspirasi dari fraksi barat tersebut. Karena peristiwa itu membuatnya tak sengaja bertemu dengan raja yang menyamar sebagai pejabat istana dan akhirnya membuatnya juga dekat dengan selir Jang Hee bin dan menjadi orang kepercayaannya. Saat itu Dongyi belum mengetahui bahwa gadis yang ia cari dengan kode gerakan tanga tsb adalah Jang Hee bin. Karena Jang Hee bin pula dongyi akhirnya naik pangkat dari seorang budak menjadi petugas pengawas istana, hingga nantinya iya mencapai puncak tertingginya didalam istana.

Tidak hanya itu karena kebaikan hati, kegigihan dan berpegang pada kebenaran Dongyi dipercaya oleh raja hingga akhirnya raja jatuh cinta kepada Dongyi. Kecemburuan Jang Hee bin dimulai saat itu ditambah fraksi selatan yang jahat hingga Hee bin menjadi seorang selir yang jahat (sampai nantinya iya menjadi ratu menggantikan inhyeon) untuk menutupi kejahatan fraksi selatan yang jika terbongkar maka  semua fraksi selatan akan terkena dampak termasuk dirinya dan keluarganya. Ditambah faktor kecemburuan dari cinta sang raja yang mulai surut kepadanya.

Banyak pesan yang didapat dari cerita ini yaitu kebaikan hati, keteguhan, kejujuran dan kepercayaan untuk tetap menegakkan keadilan akan membawa pada posisi tertinggi dimana rasa keadilan akan terbayar. Cerita ini sangat menguras emosi dan dikemas menarik sehingga membuat penasaran. Walaupun episodenya cukup panjang sampai 60 episode, tetapi aku cukup senang dan menantikan kelanjutan tiap episodenya. Sampai saat ini aku sering mengulang untuk menontonnya, tak ingin melupakan pesan baik dari ceritanya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *